Rabu, 30 April 2014

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 ( KARANGAN KEBAKARAN PASAR SENEN)

Baru- baru ini Jakarta mendapatkan musibah yang cukup merugikan yaitu peristiwa kebakaran yang terjadi di daerah pasar senen Jakarta Pusat. Kebakaran terjadi pada jumat dini hari. Kebetulan pasar senen ini lumayan dekat dari rumah saya, menurut kabar berita kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik awal kebakaran terjadi di lantai satu, dekat kios kue subuh dan baju-baju bekas.

Di perkirakan 1.000 unit kios terbakar dari jumlah kurang lebih 3.000 kios pedagang di Pasar Senen. Para pedagang sempat bergotong royong untuk memadamkan api menggunakan alat pemadam kebarakan sederhana. Tetapi, api telah merambat dengan capat sehingga mereka tidak mampu memadamkan api. Barulah beberapa menit kemudian petugas pemadaman kebakaran datang.

Kios yang terbakar berada di Blok 3 Pasar Senen. Di lokasi itu kebanyakan ditempati pedagang pakaian bekas, pedagang kue subuh, ikan, daging dan sayur-sayuran. Para pedagang yang menyaksikan peristiwa kebakaran tersebut tidak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan barang dagangannya. Pada awal peristiwa tersebut terjadi, memang ada beberapa pedagang sempat menyelamatkan barang miliknya. Pantauan Antara sampai Pukul 14.00 WIB, api sudah dapat dikuasi oleh petugas pemadam kebakaran.

Pada peristiwa kebakaran yang tergolong besar itu, tim pemadam kebakaran (Damkar) mengerahkan 43 unit mobil pemadam kebakaran dari lima wilayah DKI Jakarta. Sampai kini petugas masih proses pendinginan. Sementara itu suasana lalu lintas, yang sejak pagi hari macet dari arah Pulo Gadung ke Pasar Senen, dari arah Salemba ke Pasar Senen dan sebaliknya, pada jam pulang kantor atau Pukul 16.00 WIB masih diwarnai kemacetan. Pasalnya, selain banyak pedagang berkumpul di sisi pasar tersebut juga banyak warga melihat lokasi kebakaran.

Mengenai kerugian yang diapami para pedagang, juga belum dapat menaksirnya. Sebab, para pedagang belum melaporkan kerugiannya kepada pengelola pasar. Para pedagang juga masih menuntut kejelasan kemana para pedagang tersebut akan ditampung untuk melanjutkan usahanya. Untuk penampungan sementara para pedagang kebakaran belum ditetukan.

Pada saat ini para pedagang yang kiosnya terkena kebakaran telah diperbolehkan untuk berjualan didepan atau disisi jalan depan pasar senen jaya. Akibat dari peristiwa kebakaran ini arus lalu lintas untuk menuju arah pulo gadung sangat macet dikarenakan pada pedagang banyak yang berjualan dipinggiran jalan pasar senen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar