Senin, 21 Oktober 2013

TUGAS BAHASA INDONESIA 4 (DIKSI ATAU GAYA BAHASA)


DIKSI ATAU GAYA BAHASA
Pada tugas kali ini saya akan membahas tentang Diksi atau Gaya Bahasa. Diksi atau Gaya Bahasa adalah pilihan kata.  Maksudnya, kita memilih kata yang tepat untuk menyatakan sesuatu. Pilihan kata merupakan satu unsur sangat penting, baik dalam dunia karang-mengarang maupun dalam dunia tutur setiap hari. Dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diksi berarti “pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan)”. Dari pernyataan itu tampak bahwa penguasaan kata seseorang akan mempengaruhi kegiatan berbahasanya, termasuk saat yang bersangkutan membuat karangan. Setiap kata memiliki makna tertentu untuk membuat gagasan yang ada dalam benak seseorang. Bahkan makna kata bisa saja “diubah” saat digunakan dalam kalimat yang berbeda. Hal ini mengisyaratkan bahwa makna kata yang sebenarnya akan diketahui saat digunakan dalam kalimat. Lebih dai itu, bisa saja menimbulkan dampak atau reaksi yang berbeda jika digunakan dalam kalimat yang berbeda. Kata yang tepat akan membantu seseorang mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin disampaikannya, baik lisan maupun tulisan. Di samping itu, pemilihan kata itu harus pula sesuai dengan situasi dan tempat penggunaan kata-kata itu.
Hal yang utama mengenai diksi adalah
  1. Pilihan kata atau diksi mencakup pengertian kata-kata mana yang dipakai untuk menyampaikan suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan yang tepat, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.
  2. Pilihan kata atau diksi adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari suatu gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai (cocok) dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kekompok masyarakat pendengar.
  3. Pilihan kata yang tepat dan sesuai hanya dimungkinkan oleh penguasaan sejumlah besar kosa kata atau pembendaharaan kata bahasa itu. Sedangkan yang dimaksud perbendaharaan kata atau kosa kata suatu bahasa adalah keseluruhan kata yang dimiliki oleh sebuah bahasa.
Pilihan kata atau diksi bukan hanya memilih kata-kata yang cocok dan tepat untuk digunakan dalam mengungkapkan gagasan atau ide, tetapi juga menyangkut persoalan fraseologi (cara memakai kata atau frase di dalam konstruksi yang lebih luas, baik dalam bentuk tulisan maupun ujaran), ungkapan, dan gaya bahasa. Fraseologi mencakup persoalan kata-kata dalam pengelompokan atau susunannya, atau menyangkut cara-cara yang khusus berbentuk ungkapan-ungkapan. Pemilihan gaya bahasa yang akan digunakan pun merupakan kegiatan memilih kata menyangkut gaya-gaya ungkapan secara individu.

Berikut ini kutipan kata-kata dan gaya bahasa Vicky Prasetyo saat wawancara dengan Zaskia Gotik

Usiaku saat ini ya 29 my age ya,tapi aku tetap masih merindukan apresiasi. Karena basically ya aku seneng,seneng musik gitu,walaupun kontroversi hati aku lebih menunjukkan kepada kontroversi kemakmuran yang kita pilih.
Ya kita,kita belajar,ehm apa yah? Harmonisasi dari hal terkecil sampai hal terbesar. Aku pikir kita gak boleh ego terhadap 1 kepentingan dan kudeta apa yang tetap menjadi keinginan.
Dengan adanya hubungan ini bukan mempertakut atau mempersuram statusisasi kemakmuran keluarga dia,tapi menjadi konviden,tapi kita harus mensiasati kecerdasan itu. Untuk labil ekonomi kita tetap lebih baik dan aku sangat bangga.
Kata-kata yang digaris bawahi merupakan kata tidak baku. Dan berikut ini
kata-kata setelah diperbaiki :

·         Usiaku : Usia saya 
·         Pikir : Berfikir
·         29 my age : Umur saya 29 tahun                   
·         Gak boleh : Tidak boleh
·         Tapi : Tetapi                                                   
·         Ego : Egois
·         Apresiasi : Penghargaan                                             
·         Kudeta : Mengambil alih kekuasaan
·         Seneng : Senang                                             
·         Mempertakut : Menakuti
·         Kontroversi : Hal yang berlawanan               
·         Statusisasi : Status     
·         Harmonisasi : Harmoni/seimbang                    
·         Konviden : Nyaman

Dan dibawah ini adalah kalimat pembenaran dari gaya bahasa wawancara vicky diatas :

Usia saya saat ini 29 tahun,tetapi saya tetap masih merindukan penghargaan. Karena pada dasarnya saya senang dengan musik,walaupun bertentangan dengan hati saya,lebih menunjukkan kepada pertentangan kemakmuran yang kita pilih.
Kita belajar menyeimbangkan dari hal terkecil sampai hal terbesar. Saya berfikir kita tidak boleh egois terhadap 1 kepentingan dan merampas hak yang tetap menjadi keinginan.
Dengan adanya hubungan ini bukan menakuti atau mempersuram status kejayaan keluarganya,tetapi membuat nyaman dan kita harus mensiasati kecerdasan itu. Untuk kelabilan ekonomi kita tetap lebih baik dan aku sangat bangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar